Rabu, 20 Mei 2020

Sunscreen, SPF 10, 20, 15, 25, 30, 50, Ketahui Seputar penggunaan dan manfaatnya

Sunscreen SPF 10, 20, 15, 25, 30, 50, Ketahui Seputar penggunaan dan manfaatnya
Ilustrasi pemakaian sunscreen
Salah satu skincare yang lazim di miliki kaum wanita, adalah Sunscreen atau biasa juga disebut Tabir Surya, dapat berbentuk cream, lotion, atau gel yang berfungsi untuk melindungi wajah dari bahaya Sinar UV A dan UV B, yang berasal dari paparan sinar matahari.

Sunscreen akan bekerja efektif ketika melakukan aktifitas di luar ruangan. Cara kerjanya adalah cream yang sudah dioleskan pada wajah akan diserap oleh kulit dan menyaring radiasi dari sinar UV sehingga tidak merusak kulit.

Meskipun cahaya sinar matahari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, karena menjadi salah satu sumber vitamin D, namun paparan sinar matahari pada jam jam tertentu yang mengenai kulit malah dapat menimbulkan efek negatif untuk kulit.

Sunscreen dipasaran memiliki banyak sekali varian dan diproduksi dari berbagai produsen kosmetik, seiring meningkatnya kebutuhan pasar dan persaingan yang ketat, sunscreen kini banyak dipadukan dengan bahan lain yang tak hanya melindungi kulit saja dari paparan sinar UV, namun juga memiliki banyak manfaat lain.

Ketika sedang membahas sunscreen, maka kita akan menemui istilah SPF, sebuah singkatan dari Sun Protection Factor, yaitu sebuah indikator atau nilai yang dimiliki suatu produk sunscreen tentang kemampuannya dalam durasi waktu ketika digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

Dipasaran, sunscreen tersedia dalam berbagai pilihan, termasuk dari SPF yang ditawarkan, namun SPF itu fungsinya apa dan bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk melindungi kulit dari pancaran sinar UV. Simak ulasan berikut ya, sist.

Menentukan SPF yang tepat pada sunscreen.


SPF merupakan indikator durasi waktu yang biasanya menggunakan satuan menit dalam memberikan perlindungan pada kulit dari radiasi sinar UV.

Mengutip dari penjelasan dari dr. Citra Sudarmono, "1 SPF itu dia masa waktunya 15 menit. Jadi kalau SPF 10, 10 dikali 15 menit jadinya 150 menit, sekitar 2 jam," ujar dr. Citra Sudarmono ketika ditemui pada acara peluncuran The Plant Base, Selasa (13/8/19), Wyl's Kitchen Veranda Hotel Kebayoran, Jakarta.

Untuk durasi waktu perlindungan dari radiasi sinar UV, Untuk 1 SPF standar yang digunakan biasanya berkisar antara 10 – 15 menit, jadi tinggal kalikan saja Sunscreen dengan kandungan SPF berapa, selanjutnya dapat disimpulkan berapa lama durasi dalam menit yang dibutuhkan sunscreen tsb dalam melindungi kulit anda.

Nah, jadi untuk menentukan sunscreen dengan kandungan SPF berapa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan aktifitasmu diluar ruangan yang bakal terkena paparan sinar matahari udah bisa kan.

Kandungan SPF terbaik untuk orang indonesia berapa


Dinegara kita yang berada pada garis khatulistiwa, durasi saat kita beraktifitas di luar ruangan dan terpapar cahaya matahari setidaknya 12 jam.

Dan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dalam waktu 12 jam, disarankan untuk memakai sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau yang lebih tinggi.

Bagian tubuh mana saja yang harus memakai Sunscreen


Sesuai dengan fungsinya, Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari pancaran radiasi sinar UV, oleh sebab itu, sunscreen dapat digunakan diseluruh bagian tubuh yang tiak tertutup oleh pakaian.

Siapa saja yang disarankan menggunakan sunscreen


Sunscreen disarankan dipakai oleh pria dan wanita yang beraktifitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari.

Apa manfaat memakai Sunscreen


1. Mencegah kulit terbakar.

2. Mencegah penuaan dini.

3. Melindungi dari bahaya radiasi sinar UV.

4. Mencegah kanker.

5. Meratakan warna kulit.

Bolehkah ibu hamil menggunakan Sunscreen


Penggunaan sunscreen oleh ibu hamil dibolehkan, tapi harus memperhatikan bahan bahan penyusun sunscreen, atau disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk menentukan sunscreen yang tepat untuk digunakan.

Melansir dari laman alodokter, Penggunaan sunscreen maupun sunblock aman bagi ibu hamil selama tidak mengandung bahan-bahan berikut : oxybenzone, homosalate, 4-methylbenzylidene camphor, octocrylene dan para-aminobenzoic acid. Nah, jadi untuk bumil harus lebih teliti ya.

Bahan kimia apa yang digunakan sebagai Sunscreen.


Ada beberapa bahan kimia yang biasa digunakan sebagai anti UV pada sunscreen, diantaranya :

- Butyl Methoxydibenzoylmethane

- Ethylhexyl Methoxycinnamate

- 4-Methylbenzylidene Camphor

- Ethylhexyl Triazone

- Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate

- Titanium Dioxide

- Zinc Oxide

Demikian tulisan singkat seputar sunscreen, semoga bermanfaat ya.
Previous Post
Next Post

0 Comments:

Berkomentar yang baik